Senin, 09 Agustus 2010

Rawat Sepatu Agar Tahan Lama




Sepatu adalah aset penampilan dari para wanita. Tidak mengherankan bila kamu mengoleksi berbagai macam jenis dan model sepatu agar dapat disesuaikan dengan busana. Namun jangan hanya asal mengoleksi saja, kamu juga harus bisa merawat sepatu agar bisa bertahan lama dan nyaman digunakan.


Kamu tentu tidak ingin sepatu kesayangan rusak begitu saja. Perawatan secara teratur bisa membuat sepatu lebih tahan lama dan tidak mudah rusak. Agar sepatu kesayangan kamu terpelihara dengan baik dan tahan lama, simak tips berikut ini:

  • Setelah dipakai dan disimpan dalam waktu yang panjang, umumnya bentuk sepatu akan mengalami perubahan. Gunakan alat penyangga bentuk sepatu (shoe tree) untuk mempertahankan bentuk sepatu. Jika biasanya kamu menyumpalnya dengan koran atau kertas sebagai pengganti shoe tree, sebaiknya hentikan kebiasaan ini mulai sekarang.
  • Usahakan untuk tidak menggunakan sepatu yang sama selama dua hari berturut-turut walaupun kamu sangat menyukainya. Keringat dan kotoran dari kaki yang bersinggungan dengan sepatu akan mempercepat kerusakan sepatu. Selingi pemakaian dengan sepatu lainnya sebelum kamu memakainya kembali.
  • Berbeda jenis bahan dasar sepatu maka berbeda pula cara perawatannya. Untuk jenis sepatu berbahan dasar kulit, gunakan lap atau kain lembut tanpa menggunakan air untuk membersihkannya. Sepatu yang terbuat dari bahan suede bisa dibersihkan dengan menggunakan sikat halus. Sementara sepatu berbahan kain, dapat dicuci tanpa menggunakan sabun.
  • Bila sepatu mengeluarkan aroma tidak sedap, Anda bisa menggunakan spray khusus penghilang bau yang banyak dijual di pasaran. Semprotkan pada bagian dalam sepatu lalu diamkan sejenak dan biarkan tertiup angin, setelah itu Anda bisa langsung memakainya.
  • Jika sepatu kamu basah, lepaskan talinya (untuk sepatu bertali), keluarkan lidahnya, dan letakkan di depan kipas angin. Jika sol dalam memang bisa dicopot, keluarkan juga. Jika sudah hampir kering, ambil shoe tree, pasangkan pada sepatu kamu lalu biarkan kering dengan sendirinya.
  • Mintalah karet tambahan untuk melindungi sol asli saat membeli sepatu. Jika tidak tersedia, Anda bisa mendapatkan di tukang sol sepatu. Cara ini sangat efektif untuk melindungi sol asli dari kerusakan. Meskipun Anda harus mengeluarkan beberapa ribu rupiah untuk sol, tetapi alas sepatu nantinya bisa tahan lama.
  • Jika rekatan pada sepatu sudah hampir lepas, cobalah untuk lem sendiri dengan lem sepatu atau semacam lem super glue. Bersihkan dulu bekas lem lama dengan mengamplasnya, lalu aplikasikan lem sepatu ke bagian yang lepas dan rekatkan kembali. Tekan kuat-kuat bagian yang masih basah sampai kering.
  • Setiap minggu angin-anginkan sepatu Anda agar tidak lembab. Sepatu yang lembab bisa membuat kaki Anda gatal dan berbau tidak sedap.
  • Semir sepatu kulit. Jika memiliki sepatu kulit semirlah dengan teratur. Warnanya akan lebih bertahan dan sepatu pun akan selalu terlihat mengkilap.
  • Simpan sepatu dalam keadaan bersih. Sebelum menyimpannya dalam kotak atau lemari pastikan sepatu tersebut dalam keadaan bersih. Hal itu karena debu atau kotoran yang dibiarkan menempel bisa membuat warna sepatu menajdi berubah.
  • Bersihkan bagian dalam sepatu. Jangan lupa untuk selalu membersihkan bagian dalam sepatu secara teratur. Kotoran biasanya banyak menempel pada bagian dalam sepatu. Jika tidak dibersihkan kotoran tersebut bisa menimbulkan bau tidak sedap dan membuat kaki menjadi kasar.
  • Simpan sepatu di tempat kering dan bebas debu. Akan lebih baik jika Anda menyimpan sepatu di lemari khusus yang kering dan bebas debu. Kotak-kotak sepatu juga bisa dijadikan tempat penyimpanan tetapi pastikan tertutup rapat agar tidak ada kotoran yang masuk.

0 comments on "Rawat Sepatu Agar Tahan Lama"

Posting Komentar

 

Copyright MissFashionku | Designed by Ipiet Templates | Sponsored by TokoFashionku